Teater Cassanova

Teater Cassanova
Logo

Kamis, 24 Februari 2011

27 Maret 2011 Teater Cassanova dalam perayaan WORLD TEATER DAY


WEST JAVA – INDONESIA WORLD THEATER DAY  27 MARET 2011
Berangkat dari sebuah penjelajahan tanpa batas-batas, kami menyadari betapa sangat luas teater itu untuk di “ceritakan”. Ada banyak hal yang harus di bahas berkaitan dengan seni teater. Tidak menjadi mustahil jika seniman  mulai abad yunani hingga abad kontemporer saat ini mengakui bahwa teater tidak hanya dimiliki oleh orang-orang drama, tapi seluruh yang bernama seni pertunjukan, yang di ciptakan untuk di tunjukkan keatas panggung, baik panggung itu konvesional maupun nonkonvensional akan tetap bernama teater atau kita kenal seni pertunjukan. 27 Maret adalah tanggal yang ditetapkan dan mendapat pengakuan dan kesepakatan dari UNESCO sebagai tanggal dimana teater akan masuk pada hari teater sedunia. Seluruh dunia serentak memperingati World Teater Day termasuk Indonesia bersama Teater Cassanova. Kami hanya akan mengungkapkan kesadaran pertahanan ruang budaya untuk tetap terjaga dan ditegakkan. Kesadaran berkesenian dan kepedulian akan hasil ciptaan harus digambarkan melalui tindakan agar terhindar dari sikap ketidak wajaran dalam melangkah bagi generasi selanjutnya karena terputus dari akarnya. 

27 Maret 2011 semua seniman akan melihat hari idioleginya. Kemanusiaan kembali disuarakan setelah lama tidak di kumandangkan. Semua teks, semua bunyi dan musik, gerakan dan tubuhnya, nurani dan kemanusiaannya akan melihat panggungnya sendiri-sendiri. Semua yang bernama keindahan dan kejujuran nurani di imani keberadaannya. Semua ekspresi manusia menjelma menjadi karya. Manusia bisa hidup dan terbaca jajaknya hanya karena karya yang ia tebarkan di muka bumi. Sifat penciptanya yang dititipkan kepada manusia adalah kewajiban yang harus dirawat dan difungsikan. Jika masih ada manusia yang tidak mencipta maka keberadaannya sama dengan tiada.

  Hari teater sedunia ini adalah hari dimana semua manusia sedunia kembali diajak untuk bangkit dari kubur ketidak berdayaan lewat karyanya sendiri. “aku berfikir maka aku ada” ungkap Rene Descartes.  bukti bahwa kita ada, bangsa ini ada, dunia ini ada.

Viva Teater…!

Ditulis oleh: M. Wail Irsad & Alwin Prayoga

1 komentar:

  1. untung wardojo18 Maret 2011 22.32

    untung ikut performance pada HARI RAYA TEATER! !27 MARET 2011

    BalasHapus

Profil Teater Cassanova

Teater Cassanova merupakan kelompok kesenian yang independen dan bersifat non profit, didirikan di Bandung pada tanggal 14 Februari 2003 oleh 4 0rang angkatan pendiri. Cassa (Rumah atau wadah) dan Nova (Cahaya bintang) merupakan dua spirit yang kami satukan sebagai sebuah pijakan dan semangat kebaharuan.

"Jalan seni adalah Jalan Perubahan" adalah manifesto yang kami yakini sebagai rute semesta, berharap bahwa aktifitas Teater Cassanova dapat memberikan sesuatu yang ideal untuk keberadaan kehidupan dan manusia. Aktifitas Teater Cassanova terkonsentrasi pada bidang seni, khususnya seni Teater. Pendidikan, Pengkajian dan Pengembangan Seni Teater menjadi ruang eksplorasi dan kegelisahan kreatifitas kami. Penjelajahan Seni Tanpa Batas dari terlembut sampai terkasar, dari radikal bahkan brutal jika itu diperlukan untuk pewujudan karya seni yang maksimal adalah kalimat yang lahir dari sikap kreatifitas kelompok ini.

Indonesia Raya, sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia, dipilih menjadi Hymne Teater Cassanova dan dinyanyikan dalam setiap kerja dan karya Teater Cassanova. Ini berarti bahwa kami sadar dan berangkat dari semangat nasionalisme serta wujud kegagahan berbangsa yang multi-unik ini. Masalah-masalah ilmu pengetahuan, humanisme, spiritualitas dan sejarah serta isu-isu dunia selalu menjadi bahan bagi kinerja Teater Cassanova. Saat ini Teater Cassanova memasuki fase sepuluh tahun keberadaannya dalam dunia kesenian. Lebih dari 100 karya yang lahir dari laboratorium penciptaan kelompok ini telah di pertunjukan di tengah masyarakat. Pada fase ini kami sedang mengkaji dan mengeksplorasi isu-isu rasial, dunia urban dan spirit tradisi.

Teater Cassanova meyakini bahwa setiap tempat adalah panggung dan juga memainkan pertunjukan di sana, mulai dari tahap konvensional sampai yang temporer sekalipun, seperti jalan raya, kebun, ladang, toko buku, garasi, dll. Cassanova berpikir bahwa Teater bukanlah semangat hanya untuk menjadi “imagy ideal” atau dengan membayangkannya saja maka dunia bisa berubah, akan tetapi dibutuhkan tubuh dan idea melalui proses pergulatan dan dialektika secara bertahap. Teater kami tumbuh dari persentuhan emosional juga ide kreatif yang multi-bahasa, multi-dimensi, dan multi-kultural komunal. Kami adalah pekerja dan bekerja untuk profesi. Cassanova adalah Teater Pekerja yang bekerja dalam kontinuitas.


Salam Cinta



Markas Besar : Jl. Mayang Asih No 14 Komp. Simpay Asih Ujungberung Bandung

Tlp : 0821181860 78 (alwin)