Teater Cassanova

Teater Cassanova
Logo

Selasa, 05 April 2011

Catatan Penyelenggaraan West Java - Indonesia World Theater Day "Teater Tidak Mungkin Berdamai"

Teater Tidak Mungkin Berdamai

Teater mencoba mengambil posisi penting dalam menyuarakan perdamaian. Ini adalah fakta setelah Institut Teater Internasional (ITI) pada 27 Maret tahun 1961 menciptakan Hari Teater Sedunia. Setelah hari itu komunitas teater internasional selalu rutin merayakan Hari Teater Sedunia. Begitu pula di Bandung, hari Minggu 27 Maret 2011 di Dago Car Free Day. Melalui inisiatif Teater Cassanova yang kedua kalinya, beberapa komunitas teater di Bandung berkumpul untuk merayakan Hari Teater Sedunia ke-50 ini, seperti:  Laskar Panggung, Teater Toonel, Syarekat Ababil, Teater Candu, Teater Tjerobong Pabrik, Teater Senapati, Teater Dupa, Temma 23,  Teater Patih, Mime SMAN 21, Mime SMAN 15, dan Keluarga Mahasiswa Teater STSI Bandung.


Di ruang penuh manusia yang mencoba berolah raga itu mereka memperjuangkan misi perdamaian di dunia, tentu saja dengan cara teater. Ada yang menggunakan cat-cat warna warni pada tubuhnya lalu berlaku dengan gaya pantomime.Ada tubuh-tubuh yang terbungkus selimut tetapi mulutnya besar dan tersenyum lebar dan menidurkan dirinya sendiri di jalanan aspal. Ada yang menggunakan pakaian-pakaian ala romawi yang diornamentasi batik.  Ada juga perempuan-perempuan yang membawa pistol mainan, badut, anak kecil berseragam SD yang tergelepar di atas buku undang-undang. Tetapi tentu saja misi mereka sama, mencoba menyuarakan budaya perdamaian di Hari Teater Sedunia.

Tetapi jauh dari itu, Teater di dalam dirinya masih menyimpan masalah di sana-sini. Ya, selain terus mencoba membangkitkan pemuliaan kehidupan dengan masih terjadinya produksi-produksi teater di berbagai tempat, teater ternyata masih rapuh. Rapuh karena tak jarang ditinggalkan oleh pelakunya sendiri, dan ditinggalkan dengan hal-hal klasik seperti urusan finansial. Lalu bagaimana teater menjaga agar tidak ditinggalkan oleh penontonnya? Penonton yang datang ke pertunjukan teater untuk menghormatinya. Afrizal Malna pernah mengatakan, bahwa satu-satunya kekayaan teater adalah ia tetap bisa mencipta di tengah-tengah kemiskinan. Mata teater jangan nanar melihat tumpukan uang yang ada dihadapannya, di dalam kaca televisi, di balik berita-berita korupsi yang berdesak-desakan dengan berita-berita lain dan dengan kepentingan lain.

Lalu, perdamaian seperti apa yang dicari teater? Sementara kekerasan terjadi dimana-mana. Bagaimana caranya? Apakah teater harus sering melucu dengan gaya pantomime dan mebuat orang tertawa? Apakah teater perlu terus tesenyum melebihi wajahnya yang kusut karena infrastrukturnya yang jauh dari ideal? Bagaimana mencari perdamaian sementara masih ada manusia?

 Perdamaian, sepertiya sulit dijangkau, utopis. Tetapi yang menarik dari misi bersama ini adalah komunitas atau para pelaku teater mempercayai medianya sebagai media paling halus dalam menyuarakan misi perdamaian ini yang berbeda dengan media lain yang malah memperburuk identitas kemanusiaan, seperti perang misalnya. Walaupun seperti Komunitas Teater di Uganda, mereka masih belum bisa membuktikannya. Pembuktian inilah yang mungkin perlu diuji terus, maka tentu saja teater perlu melahirkan gagasan dan bentuknya yang mungkin akan terus sedemikian menjadi lain. Lain gagasan, lain bentuk dan lain pencipta.

Teater masih perlu ada, selama manusia ada. Seperti perdamaian yang tetap disuarakan meskipun mungkin tidak pernah ada. Teater diperlukan sebagai cermin bagi manusia hari ini yang “jarang bercermin”, mungkin malah cerminan itu melebihi manusianya itu sendiri. Hari Teater Sedunia dirayakan tidak seperti hari-hari besar lain. Tidak seperti Hari Kemerdekaan Indonesia atau Hari Raya lainya. Karena meskipun menyuarakan misi perdamaian, teater tidak harus juga berdamaian dengan kemanusian yang compang-camping dihadapanya. Tentu saja dengan kemiskinan yang mendera sekaligus jadi teman untuk mencipta untuk tetap kritis berhadapan dengan segala kemapanan. Dengan segala perdamaian palsu.

*Taufik Darwis, sutradara, tinggal di Bandung

Profil Teater Cassanova

Teater Cassanova merupakan kelompok kesenian yang independen dan bersifat non profit, didirikan di Bandung pada tanggal 14 Februari 2003 oleh 4 0rang angkatan pendiri. Cassa (Rumah atau wadah) dan Nova (Cahaya bintang) merupakan dua spirit yang kami satukan sebagai sebuah pijakan dan semangat kebaharuan.

"Jalan seni adalah Jalan Perubahan" adalah manifesto yang kami yakini sebagai rute semesta, berharap bahwa aktifitas Teater Cassanova dapat memberikan sesuatu yang ideal untuk keberadaan kehidupan dan manusia. Aktifitas Teater Cassanova terkonsentrasi pada bidang seni, khususnya seni Teater. Pendidikan, Pengkajian dan Pengembangan Seni Teater menjadi ruang eksplorasi dan kegelisahan kreatifitas kami. Penjelajahan Seni Tanpa Batas dari terlembut sampai terkasar, dari radikal bahkan brutal jika itu diperlukan untuk pewujudan karya seni yang maksimal adalah kalimat yang lahir dari sikap kreatifitas kelompok ini.

Indonesia Raya, sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia, dipilih menjadi Hymne Teater Cassanova dan dinyanyikan dalam setiap kerja dan karya Teater Cassanova. Ini berarti bahwa kami sadar dan berangkat dari semangat nasionalisme serta wujud kegagahan berbangsa yang multi-unik ini. Masalah-masalah ilmu pengetahuan, humanisme, spiritualitas dan sejarah serta isu-isu dunia selalu menjadi bahan bagi kinerja Teater Cassanova. Saat ini Teater Cassanova memasuki fase sepuluh tahun keberadaannya dalam dunia kesenian. Lebih dari 100 karya yang lahir dari laboratorium penciptaan kelompok ini telah di pertunjukan di tengah masyarakat. Pada fase ini kami sedang mengkaji dan mengeksplorasi isu-isu rasial, dunia urban dan spirit tradisi.

Teater Cassanova meyakini bahwa setiap tempat adalah panggung dan juga memainkan pertunjukan di sana, mulai dari tahap konvensional sampai yang temporer sekalipun, seperti jalan raya, kebun, ladang, toko buku, garasi, dll. Cassanova berpikir bahwa Teater bukanlah semangat hanya untuk menjadi “imagy ideal” atau dengan membayangkannya saja maka dunia bisa berubah, akan tetapi dibutuhkan tubuh dan idea melalui proses pergulatan dan dialektika secara bertahap. Teater kami tumbuh dari persentuhan emosional juga ide kreatif yang multi-bahasa, multi-dimensi, dan multi-kultural komunal. Kami adalah pekerja dan bekerja untuk profesi. Cassanova adalah Teater Pekerja yang bekerja dalam kontinuitas.


Salam Cinta



Markas Besar : Jl. Mayang Asih No 14 Komp. Simpay Asih Ujungberung Bandung

Tlp : 0821181860 78 (alwin)